Finlandia, Negara Indah di Utara Eropa

Finlandia, Negara Indah di Utara Eropa

Finlandia, salah satu negara di daratan Eropa ini yang memiliki pesona wisata yang menarik. Meskipun ukurannya cukup kecil, Finlandia adalah rumah bagi hampir 200.000 danau. Salah satu danau yang cukup menjanjikan untuk disinggahi adalah Danau Paijanne. Danau yang terletak di Finlandia selatan ini adalah tujuan wisata para turis asing. Danau Paijanne tak hanya menawarkan keindahan berupa pemandangan alam khas eropa, namun kawasan danau ini juga menawarkan wisata museum, bersama dengan sebuah gereja yang dibangun pada abad ke-15.

Selain danau, Finlandia juga mempunyai beragam tempat wisata lainnya. Salah satunya yakni Korvatunturi. Bagi kebanyakan masyarakat Eropa daerah ini diyakini sebagai rumah bagi Santa Claus, atau Joulupukki dalam bahasa setempat. Tak hanya itu, berkunjung ke kota Qulu bisa menjadi piliahn berikutnya. Kota ini sering menjadi lokasi berlangsungnya Air Guitar World Championships, dan Mieskuoro Huutajat (atau paduan suara yang diisi teriakan 30 orang pria). Setelah dari kota Qulu, Anda bisa melanjutkan ke kota Pori. Kota ini merupakan tempat dimana Anda akan menemukan perhelatan festival Jazz paling keren di Eropa. Datang dan nikamitilah kota ini sambil mendengarkan alunan irama musik Jazz.

Memang, negara Eropa di pengujung lingkar kutub satu ini masih dianggap awam dibandingkan dengan destinasi wisata seperti Italia, Jerman, dan Perancis. Bahkan negara tetangga di daerah Skandinavia, seperti Swedia, Norwegia, dan Denmark, terdengar lebih familiar. Namun tanpa disadari, Finlandia sudah menemukan kita sejak lama melalui keseharian kita berkomunikasi dengan menggunakan telepon selular Nokia, menonton Heikki Kovalainen berpacu kecepatan di ajang Formula One, atau terpaku bermain Angry Birds sambil menunggu kemacetan.

Itu belum semua, ternyata banyak sekali hal menarik yang dapat ditelusuri dari negara mungil berpenduduk lima juta orang dan berhamparan belasan ribu danau itu. Sebut saja mulai dari iklim yang superdingin dengan pijaran cahaya bintang utara, matahari yang hampir tak terbenam saat musim panas, hingga mempelajari filosofi dan etos kerja Nordik di dalam sauna. Maka mari bersama menemukan Finlandia!

Menemukan kebahagiaan di Finlandia Kebahagiaan bagi tiap orang relatif sifatnya. Kenikmatan meminum kopi tubruk di sebuah kedai di Aceh yang bernama “De Helsinki” tentunya memiliki ciri khas tersendiri dibanding meminum espresso sebagai pembuka sarapan di ibu kota Finlandia, Helsinki.
Tetapi meski terbelah lautan dan benua, kedua tempat menyandang nama yang sama dan kerap berkonotasi sebagai tempat yang menyenangkan dan mengusung perdamaian. Begitulah Helsinki beberapa tahun ini secara konsisten diganjar penghargaan oleh berbagai institusi dan media sebagai salah satu kota paling layak huni dan membuat Finlandia sebagai salah satu negara terbahagia. 

Majalah Monocle tahun ini mengklaim Helsinki sebagai kota terbaik di dunia. Lalu diikuti oleh survei kelayakan hidup oleh The Economist yang menempatkan Finlandia sebagai destinasi ideal dengan kualitas hidup terbaik ketujuh di dunia. Indikator yang mereka gunakan antara lain kemudahan akses bagi warga terhadap barang dan jasa, rendahnya risiko keselamatan, infrastruktur yang efektif, dan tingginya geliat inovasi dalam kehidupan urban.

Tidak berhenti di situ saja, pada laporan tahunan 2010, Finlandia menjadi negara paling bahagia kedua di dunia menurut survei Gallop, ranking pertama dalam Indeks Kebebasan Pers. Belum lagi predikat salah satu sistem pendidikan terbaik menurut Newsweek.

Tata kota jantung Helsinki yang teratur dan arsitektur yang intim melebur batas antara situs universitas ternama dengan sentra bisnis dan berbagai gedung bersejarah, memudahkan kita untuk menelusuri kemegahan minimalisme Katedral Putih Lutheran di Senate Square sehabis kuliah atau membaca buku di perpustakaan nasional.

Selanjutnya menembus deretan toko dan butik menuju kedai kopi Esplanade yang legendaris untuk menjalin relasi bisnis dan sosial. Lalu, sambil menikmati makan siang sebelum mengunjungi pameran seni terkini di Museum Seni Kontemporer Kiasma atau menonton film eklektik di bioskop tua Biorex. Kemudian, jalan sore bisa ditutup dengan berbelanja ikan herring segar di pasar terbuka dekat pelabuhan untuk persiapan makan malam.

Gambaran sehari di Helsinki ini mencerminkan bagaimana kebahagiaan atau hidup berkualitas perlu didukung oleh sistem yang efektif dan pandai menyesuaikan diri. Sistem transportasi publik yang aman, tepat waktu, dan cerdas memudahkan warga untuk membuat rencana dan merealisasikannya.

Ditambah lagi, mengikuti tren global di berbagai kota besar lainnya, Helsinki mendorong warganya untuk mengadopsi gaya hidup urban berbasis komunitas swadaya yang inovatif alias bergotong royong untuk berwirausaha bersama di mana saja dan kapan saja. Organisasi wirausaha seperti Hub Helsinki menyediakan fasilitas kerja mobile dengan akses internet di berbagai sudut kota yang memudahkan warga untuk tetap produktif dan memiliki hidup berkualitas. 







From : http://kabartop.com/
 http://travel.kompas.com/

3 komentar:

  1. Senang sekali setelah membaca ini, saya merasa seperti sedang liburan di Finlandiaa😊

    BalasHapus
  2. Blog yang indah.... semoga terus berkembang... Saya ingin berbagi artikel tentang Florence sepanjang Sungai Arno di https://stenote-berkata.blogspot.hk/2018/04/florence-sepanjang-sungai-arno.html
    Lihatlah juga videonya di Youtube https://youtu.be/Wzp8pgiZn7c

    BalasHapus
  3. Thanks for info jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2O3d99q

    BalasHapus

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda