Perbedaan United Kingdom, Britania Raya dan Inggris

Perbedaan United Kingdom, Britania Raya dan Inggris

Banyak yang bingung ga sih bedanya United Kingdom (Indonesia : Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara), Great Britain (Britania Raya), dan England (Inggris)?
Bukannya sama-sama negaranya Ratu Elizabeth yang ada Manchester United nya itu?

Berikut ini adalah nama disertai penjelasan gambar dari wilayah-wilayah yang akan kita bahas.


United Kingdom
 
United Kingdom atau nama resminya United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland, terdiri dari:
Inggris            : ibukotanya London, paling besar wilayahnya (130,410 km²),                             paling banyak penduduknya (84% dari total penduduk U.K.)
Skotlandia      :Ibukotanya Edinburgh, luas wilayah 78,789 km² (terdiri dari                             790 pulau-130 dihuni), penduduk 5,054,800 (2002)
Wales              : ibukotanya Cardiff, luas wilayah 20,779 km², penduduk                                    2,918,700 (2002)
Irlandia Utara : ibukotanya Belfast, luas wilayah 14,139 km²,penduduk                                    1,685,000 (Census 2001)


Kesatuan Sistem Pemerintahan

Jadi di U.K., ada negara-negara dalam negara. UK dipimpin oleh Ratu sebagai kepala negara dan Prime Minister (Perdana Menteri) sebagai Kepala Pemerintahan.  Sejak tahun 1707, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara punya pemerintah dan eksekutif tersendiri.  Parlemen UK menyerahkan beberapa kekuasaannya ke badan-badan pemerintahan negara tersebut.  Cuma Inggris yang ngga punya parlemennya sendiri.  Masalah-masalah yang menyangkut Inggris ditentukan oleh pemerintah UK yang terdiri dari MP dari seluruh UK.  MP (ini artinya Member of Parliament, bukan Muslim Pakistan, hhah.-Citizen Khan red.). Situasi ini menimbulkan keadaan yang disebut West Lothian question, suatu keadaan yang agak aneh dimana MP negara lain harus memutuskan kebijakan yang sebenarnya cuma menyangkut masalah Inggris.


Large sand-coloured building of Gothic design beside brown river and road bridge. The building has several large towers, including large clock-tower.

Westminster Palace, Gedung Parlemen UK

Sistem pemerintahan UK sendiri menurut saya sangat menarik,  gabungan dari parliamentary democracy dengan constitutional Monarch.  Sebagai info, Perdana Menteri Inggris tidak dipilih dari election, namun dipilih dari dalam partai politik yang memiliki anggota paling banyak di Parlemen.


Kesatuan Bendera

Asal usul bendera UK lumayan menarik.  Merupakan gabungan dari bendera-bendera negara persatuan, cool yah.

English flag
St. George represents England Flag

+

Scottish flag
St. Andrew represents Scottish Flag


The Union Flag of 1606

The first Union Flag (1606)
The rules of heraldry demanded that two colours must never touch each other. The Act of Union tahun 1707, menggabungkan Inggris dan Skotlandia, membentuk suatu kerajaan dengan satu Parlemen yang disebut ‘United Kingdom of Great Britain’.  Inggris, Skotlandia, dan Wales sekarang bersatu dalam sebuah monarki dan parlemen.

+


Ireland represents by St. Patrick

Union Flag

Kalo kita perhatikan baik-baik, di sini benderanya jadi ga simetris.  Ini karena Skotlandia lebih awal gabung di Persatuan, hampir 200 tahun sebelum Irlandia, lambang cross putih Skotlandia diletakkan di bagian lebih atas kalo di lokasi deket tiang bendera (daerah simetri kiri), ini disebut sebagai tempat paling terhormat kalau dalam heraldy, sedangkan cross Irlandia ditinggikan di posisi terhormat kedua, daerah bendera berkibar. (masuk akal, kalo benderanya ga ketiup angin, posisi yang lebih keliatan yang deket tiang).
England, Wales, Scotland and Ireland were now all joined together and called the United Kingdom of Great Britain and Ireland. The name was later changed to United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland when the greater part of Ireland left the United Kingdom in 1921.
Terus, kok ga ada Bendera Wales?


Welsh Flag

Welsh Flag
Ini karena the first Union Flag diciptakan tahun 1606 dan Wales sudah menjadi bagian dari Inggris sejak abad ke-13.  Di tahun 1536, di bawah Henry VIII, the Act of Union menggabungkan England dan Wales secara resmi.



Kesatuan Lagu Kebangsaan


Lagu Kebangsaan UK adalah Good Save the Queen, yang dinyanyikan saat :
  • Ratu muncul
  • Penutup siaran hari tersebut oleh British Broadcasting Company
  • Akhir momen Remembrance Day services.
  • Seremonial Medali untuk tim GB (representing all countries)
  • Pertandingan sepakbola Inggris dan Irlandia Utara (the Scottish use Flower of Scotland, the Welsh use Land of my Fathers – Hen Wlad Fy Nhadau
Inggris dan Irlandia Utara punya lagu kebangsaan sama, God Save the Queen. Lagu kebangsaan Irlandia, Amhrán Na bhFiann (The Soldier’s Song) dinyanyikan di Irlandia Utara saat even-even yang berhubungan dengan budaya Irlandia.  Skotlandia punya Flower of Scotland, dan Wales, Hen Wlad Fy Nhadau (Land Of My Fathers).

Masalah mata uang, semua negara di UK menggunakan currency yang sama, yaitu Pound sterling (GBP).
Fact : Survey dari ICM yg dipublish di tahun 2007 menunjukkan bahwa mayoritas voter dari orang Inggris dan Skotlandia pingin agar masing-masing negara pisah aja. Gimana nasib bendera UK nantinya, ya?


Great Britain




Kalo Great Britain cuma terdiri dari 3 negara, as you can see above.  Great Britain adalah Political Term dan Geographical Term untuk menunjukkan pulau terbesar di wilayah UK.

Daerah di Great Britain dibagi menjadi counties  yang bertujuan untuk pembagian wilayah administratif, politis, dan geografis.   Inggris dibagi menjadi 45 counties,  Wales 22 counties, dan Skotlandia 30 counties.


Map showing the counties of England
 Counties of England


Great Britain sama Britain sama gak?
Biasanya orang menyebut istilah Britain yang maksudnya adalah Great Britain, tapi sebenernya, Britain itu maksudnya menunjuk pada Inggris dan Wales karena provinsi Romawi yang jadi asal usul nama Britain, tidak pernah menguasai Skotlandia pada kenyataannya.

Berbeda dengan UK,Great Britain adalah sebutan untuk kesatuan dari England,Scotland dan Wales.Orang Scotlandia dan  Wales kadang marah kalau mereka disebut orang Inggris atau referred to as “English”. Karena mereka tidak tingal di negara England dan mereka punya parlemen sendiri.Sering ada perbedaan jelas antara orang yang tinggal di masing-masing dari tiga negara di Great Britain.Hal ini karena berbagai kelompok masyarakat cenderung mengembangkan cara hidup dan kebiasaan mereka sendiri.Pusingnnya,dalam bahasa Indonesia,Britain dan England sama-sama diartikan Inggris,padahal sebenarnya beda.

Banyak orang berpikir bahwa orang inggris atau orang bule nyebutnya “English/England” adalah sama dengan orang British padahal bukan.Orang-orang inggris “English/England” adalah orang yang tinggal dan warga negara England.Di sisi lain,orang British adalah orang-orang yang tinggal di Great Britain (Britain/GBR) dan UK.Bingungkan?Padahal The Country of England ya termasuk bagian GBR sama UK juga tapi mereka ga mau disebut orang British tp English People.

Ya mungkin karena gengsinya yang tinggi.Apalagi kalo masalah sepakbola,mereka ga masalah punya parlement sendiri-sendiri dan punya satu perdana mentri yang sama tp mareka najis kalo punya satu tim sepakbola yang sama.Mereka maju sendiri-sendiri,ada Wales,England,Scotlandia dan lain-lain.



England

The home of English Premier League.  Selain dibagi dalam 45 counties, Inggris dibagi menjadi 9 daerah pemerintahan (region, cem provinsi) dengan gubernur sebagai kepala pemerintahan.


map
 England Division of Region


Ibukotanya London. England (=Inggris) merupakan negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya dari negara-negara bagian yang membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland).


To make it shorter, Inggris itu adalah satu negara,  Britain = Wales+ Inggris, Great Britain = Wales+Inggris+Skotlandia, UK = Great Britain + Irlandia Utara. Cuma Utara karena di tahun 1922, wilayah Irlandia yang lain keluar dari persekutuan.





Sumber : 
http://radiant33.wordpress.com/2012/09/13/the-difference-between-united-kingdom-great-britain-and-england/
http://ayodonkbaby.wordpress.com/2012/02/29/perbedaan-antara-englanduk-dan-great-britain/

31 komentar:

  1. Intinya inggris = england toh? :)

    BalasHapus
  2. koreksi di bagian akhir.,
    Britain bukannya = wales + skotland ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Britain cuma inggris + wales. great britain baru ditambah skotland http://resources.woodlands-junior.kent.sch.uk/customs/questions/britain/britain.htm

      Hapus
  3. Membingungkan negara 1 ini yeah ! :^3

    BalasHapus
  4. oh.. ruwet amat urusannya :)

    BalasHapus
  5. Masya Allah keren posting nya.

    BalasHapus
  6. selama ini saya pikir Britian = Great Britian..ternyata bedah..kkkkkk
    Terima Kasih Infonya..berguna sekali
    Sepertinya memang gengsi orang2 di sana tinggi bro,
    klw tdk salah Ryan Giggs dan Gareth Bale pernah ditawari masuk Timnas Inggris (England), tapi mereka menolaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha bener tuhh orang sana gengsinya tinggi2, banyak yg gamau disebut British

      Hapus
  7. wah...kalau scotland beneran keluar berarti nama "great britain" jadi tinggal sejarah.

    BalasHapus
  8. ooo gitu ceritanya...pantes di piala eropa ada tim wales ada tim england

    BalasHapus
  9. Trimakasih infonya
    sangat membantu

    BalasHapus
  10. Info nya menarik. Negra unik. Mahminnya ampe penat penit....heheee

    BalasHapus
  11. Info nya menarik. Negra unik. Mahminnya ampe penat penit....heheee

    BalasHapus
  12. Jadi ratunya tetep satu yhaa. Keren bgt! Mksh infonya. Pengen lebih memahami ttg kerajaan britania raya deh. Eh nyebutnya kerajaan apa siyy? Britania raya kan

    BalasHapus
  13. nice artikel, selama ini saya nggak tahu apa bedanya haha.

    BalasHapus
  14. Nambah ilmu.. nice post. thank's a lot 😊

    BalasHapus
  15. Britain dan great britain itu sama,
    It's great britain but sometimes people use the shorten name britain instead of great britain

    BalasHapus
  16. very interesting to read and make me get a lot of knowledge after visiting here, if there is and opportunity it would be possible to play at our house ,,, thank you very much ......
    Prediksi Togel Hongkong Hari Ini
    Prediksi Togel Sydney Hari Ini
    Prediksi Togel Sgp Hari Ini

    BalasHapus
  17. Setelah baca sana sini ternyata disinilah saya mendapat pencerahan, udah ga gelap2 amat. Terimakasih bermanfaat sekalii

    BalasHapus
  18. A Complete Look at Its Iron-Coated Iron-Coated Iron-Coated
    Iron-Coated Iron-Coated aluminum vs titanium Iron-Coated Iron-Coated titanium easy flux 125 amp welder Iron-Coated Iron-Coated Iron-Coated Iron-Coated edc titanium Iron-Coated Iron-Coated Iron-Coated Iron-Coated titanium white octane blueprint Iron-Coated titanium pot Iron-Coated Iron-Coated

    BalasHapus

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda